SMPN 2 Palopo – SMPN 6 Makassar Teken MoU

42

Kepala SMPN 6 Makassar, Dr H Munir SAg MAg (kedua dari kiri) bersama Kepala SMPN 2 Palopo, Suwarnita Sago Gani SE MM (ketiga dari kiri) melakukan kerja sama peningkatan kualitas pendidikan dalam bentuk sister school di Aula SMPN 2 Palopo, Kamis, 7 Januari 2021. Tampak mendampingi, Ketua Dewan Pendidikan Palopo, Dr Suaedi MSi (paling kiri) dan Kabid Pembinaan SMP Disdik Palopo, Muh Amin SPd (paling kanan).

* Disdik Apresiasi karena Jalin Kerja Sama dengan SMPN Terbaik di Indonesia Timur

PALOPOPOS.CO.ID, WARA– Kepala SMPN 2 Palopo, Suwarnita Sago Gani SE MM meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala SMPN 6 Makassar, Dr H Munir SAg MAg di SMPN 2 Jl. Simpurusiang No. 12 Palopo, Kamis, 7 Januari 2021.

Penandatangan ini disaksikan Ketua Dewan Pendidikan Palopo, Dr Suaedi MSi dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Palopo yang diwakili Kabid Pembinaan SMPN, Muh Amin SPd. Juga dihadiri para guru SMPN 2.

SMPN 2 Palopo - SMPN 6 Makassar Teken MoU

Prosesi penandatanganan MoU SMPN 2 Palopo dengan SMPN 6 Makassar oleh masing-masing kepala sekolah.

Pada kesempatan itu, Suwarnita mengatakan, kerja sama ini dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan pada masing-masing sekolah dalam bentuk sister school. Pada intinya, ada dua hal dikerjasamakan yang termaktub dalam delapan point isi kerja sama yakni pertukaran informasi tentang pengelolaan kurikulum dan peningkatan mutu sekolah, serta pertukaran guru dan siswa.

Melalui kerja sama dengan sistem sekolah asuh ini, masing-masing sekolah mengirim dua siswa dan dua guru. Untuk tahap awal, selama dua pekan siswa SMPN 2 Palopo mengikuti pembelajaran di SMPN 6 Makassar. Mereka tinggal di rumah siswa sehingga siswa tidak hanya belajar akademik, tapi juga berbagi pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Begitu pula guru SMPN 2, mengajar di SMPN 6 Makassar. Tinggal di rumah guru SMPN 6 sehingga juga bisa sharing pengalaman dan menumbuhkan hubungan emosional.

Dengan demikian, siswa dan guru tidak perlu mengeluarkan biaya akomodasi dan makan. Karena ditanggung oleh orang tua siswa maupun guru di tempat tujuan. ”Kita di Palopo juga demikian, orang tua siswa di Palopo yang telah kita koordinasikan, menanggung akomodasi dan makan siswa dari SMPN 6 Makassar. Begitu pula gurunya ditanggung oleh guru SMPN 2,” terang Suwarnita.

SMPN 2 Palopo - SMPN 6 Makassar Teken MoU

Para guru menghadiri penandatangan MoU yang dirangkai dengan Workshop Pengembangan Kurikulum 2013 dengan tema “Merdeka Belajar di Era New Normal” SMPN 2 Palopo. Workshop berlangsung selama tiga hari, 7-9 Januari 2021.

Lanjut Suwarnita, ia sangat bangga karena SMPN 6 Makassar yang merupakan salah satu SMP terbaik di Indonesia Timur, bersedia menjalin kerja sama dengan SMPN 2 Palopo yang jauh dari ibukota Provinsi Sulsel. Apalagi, SMPN 6 Makassar merupakan ‘kiblat’ SMPN di Indonesia Timur, dimana banyak sekolah yang melakukan studi banding di sini. Bahkan, ada SMP di Papua yang mengirim siswanya belajar selama satu semester di SMPN 6.

SMPN 6 Makassar juga merupakan satu-satunya SMPN di Indonesia Timur yang paling sering diundang oleh Keduataan Besar negara-negara Asia.

”Kami juga sangat bangga karena banyak sekolah yang ingin bekerja sama dengan SMPN 6 tapi tidak semua diterima. Tapi waktu kami (SMPN 2 Palopo) mengajukan proposal kerja sama, langsung diterima pihak SMPN 6 Makassar,” jelasnya.

Muh Amin SPd dalam sambutannya, sangat mengapresiasi lompatan besar yang dilakukan Kepala SMPN 2 Palopo atas keberhasilannya melakukan kerja sama dengan SMPN 6 Makassar. Apalagi, ia mendapat info bahwa tidak mudah sebuah sekolah mendapat kesempatan bekerja sama dengan sekolah ini. ”Tapi SMPN 2 bisa melakukannya,” terangnya.

Langkah SMPN 2 ini juga menandakan bahwa pihak sekolah ingin memajukan sekolahnya. ”Selama ini banyak sekolah merasa diri sudah cukup. Padahal kita seharusnya berani keluar untuk belajar,” terang Amin.

Sementara Dr H Munir menyampaikan terima kasih kepada pihak SMPN 2 Palopo, khususnya kepala sekolah atas kerja sama ini. Melalui kerja sama ini, pihaknya bisa sharing dan silaturahim dengan guru maupun siswanya.

”Kita ini sesama sekolah dalam lingkup Provinsi Sulsel, harus saling memajukan. Siapa lagi mau saling membantu untuk melihat kemajuan sekolah, kalau bukan sesama kita,” terangnya. (ikhwan ibrahim)

Delapan Point Isi Kerja Sama
SMPN 2 Palopo – SMPN 6 Palopo

1. Pertukaran informasi tentang pengelolaan kurikulum dan penjaminan mutu sekolah.
2. Pertukaran guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar berdasarkan persetujuan jadwal.
3. Pertukaran informasi dalam pelaksanaan Teknologi Informatika Komunikasi (TIK).
4. Pertukaran informasi dalam rangka pengelolaan manajemen sekolah.
5. Pertukaran media pembelajaran antar guru.
6. Pertukaran lingkungan dan kebudayaan.
7. Pertukaran berbagai produk dan keterampilan karya cipta siswa.
8. Pertukaran berbagai artefak seperti brosur, pamflet, sticker, jadwal pelajaran, peraturan sekolah, mascot, dan lain-lain. (*)