Rumah Sakit di Toraja tak Mampu Lagi Tampung Pasien Covid-19

1475

PALOPOPOS.CO.ID, RANTEPAO—Laju penyebaran Covid-19 di Toraja kian bertambah. Bahkan Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabet R. Zakaria menyebutkan rumah sakit tak mampu lagi menampung pasien Covid-19.

Menurut Elizabet R. Zakaria saat ini daya tampung RSUD Lakipadada dan RSUD Piongtiku sudah tidak bisa lagi menampung pasien khususnya Covid-19.

Hal tersebut dilakukan karena kondisi perkembangan laju penyebaran virus ini di Toraja Utara kian hari kian bertambah.

Karena itu juga Dinas Kesehatan bersama Polres Toraja Utara terus mengimbau kepada semua masyarakat agar tetap waspada dan taat pada protokol kesehatan agar penyebarannya bisa ditekan.

Kadis Kesehatan Toraja Utara Elizabeth R. Zakaria saat dikonfirmasi via WhatsApp, Minggu 10 Januari 2021 mengatakan bahwa total terkonfirmasi yang positif covid-19 di Toraja Utara ada sejumlah 331 kasus.

“Total konfirmasi covid-19 sudah 331 kasus, dengan rincian meninggal 16 orang, sembuh 199orang. Sementara yang dirawatdi rumah sakit ada 17 orang ke-mudian isolasi mandiri 99 orang”,tulis Elizabeth.

Terkait 17 orang yang dirawat tersebut menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, tersebar di 4 (empat) rumah sakit yakni, RS Stellamaris Makassar 1 orang, RS Sinar Kasih 1 orang, RS Elim Rantepao 8 orang, dan RS Lakipadada 7 orang.

Selain memberikan imbauan pihaknya bersama Polres Torut juga melarang keras untuk adakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 yang makin bertambah. (albert tinus)