Revisi RPJMD hingga Kabupaten Sehat

62

* Tugas Kadis Baru Bappelitbangda

PALOPOPOS.CO.ID, BELOPA– Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Luwu telah berganti dari pejabat lama Drs Muhammad Rudi MSi ke Achmad Awwabin SSTP MSi. Senin, 4 Januari 2021, keduanya melakukan serah terima jabatan di Kantor Bappelitbangda.

Memasuki tahun anggaran 2021, sejumlah program prioritas menanti Achmad Awwabin. Di antaranya, penataan program Optimalisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Luwu 2019-2024, penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan Kabupaten Sehat.

Menurut Awwabin yang ditemui Palopo Pos usai pisah sambut dengan pejabat lama, program tersebut merupakan agenda kerja yang harus dilaksanakan secepatnya pasca lepas sambut ini. Sekaitan dengan Tupoksi Bappelitbangda Luwu, tentunya dengan berbasis IT dan prinsip akuntabel, transparan dan sistematis.

SIPD ini penting karena merupakan program Mendagri pasca diberlakukan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

“Mengapa harus dikelola dalam SIPD?. Karena dengan SIPD kita akan mewujudkan pembangunan daerah sebagai bagian integral pembangunan nasional. SIP juga akan terhubung dengan system informasi pemerintah daerah sebagai bagian dari informasi yang harus disajikan kepada masyarakat,” kata Awwabin.

Hal lain yang harus dilaksanakan selama tahun 2021 ini, yaitu, upaya untuk melakukan Revisi RPJMD 2019- 2024. Oleh karena banyaknya perubahan regulasi dan penyeragaman nomenklatur seluruh Indonesia. Kemudian program penyusunan RKPD 2022 dan Musrenbang, kemudian penyusunan SAKIP Pemkab Luwu dengan taregt menaikkan poin ke B serta mempercepat mendorong penyusunan LKPJ 2020, juga percepatan serapan anggaran.

“Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kabupaten Sehat menjadi bagian penting yang juga harus kami lanjutkan. Disamping itu kami juag akan melakukan penataan kondisi kantor ini, misalnya perlu ada ruang khusus untuk ibu menyusui,” katanya.

Untuk diketahui, sebelum menjabat Kepala Bappelitbangda, Awwabin pernah menjabat Sekretaris Bappeda Luwu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Luwu. Karenanya, ia bukan orang baru di Bappelitbangda.

Awwabin yang lahir pada 28 Januari 1978, merupakan jebolan STPDN Jatinangor Tahun 2000. Suami dari Iriani Sunandar ini, pernah juga menjabat Kasubid Pengembangan Dunia Usaha Bappeda Luwu hingga tahun 2007, Kabid Penelitian Statistik dan Pelaporan Bappeda Luwu hingga 2008, menjadi Sekretaris Bappeda.

Alumni SMAN 2 Ujungpandang tahun 1996 ini meniti karir PNS pertama kali menjabat Sekretaris Lurah Batupasi Palopo tahun 2001. Pernah menjabat Lurah Salubulo pada tahun 2002-2003, lalu pindah ke Kabupaten Luwu dengan jabatan Kasubid di Bappeda Luwu. Ia juga pernah menjabat Kabag Umum dan Protokol Setda Luwu (2008-2009). (and/ikh)