Ibu Hamil Bakal Dapat BLT Senilai Rp3 Juta

106

PALOPOPOS.CO.ID, Satu lagi bantuan pemerintah kepada masyarakat. Yakni, Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Keluarga Harapan (PKH) 2021 telah diluncurkan pemerintah sejak 4 Januari. Ibu-ibu hamil menjadi salah satu penerima BLT PKH ini.
Dilansir dari laman resmi kemensos.go.id, Selasa (12/1/2020), ibu hamil bisa mendapatkan bansos BLT PKH 2021 sebesar Rp 3 juta.

Bansos ini akan disalurkan dalam 4 tahap mulai Januari, April, Juli, dan Oktober. Bantuan disalurkan melalui bank BUMN (BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN).

“Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka,” bunyi keterangan Kemensos .

Adapun syarat bagi ibu hamil untuk mendapatkan bansos ini adalah wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Jika belum memiliki KPS maka bisa mengajukan permohonan kepada RT/RW terlebih dahulu, lalu disampaikan ke kelurahan.

Setelah mendapat BLT PKH 2021, ibu hamil juga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan di faskes sebanyak minimal 4 kali selama kehamilan hingga melahirkan.

Usai melahirkan, ibu hamil yang mendapatkan BLT PKH 2021 juga diwajibkan melakukan pemeriksaan sebanyak 4 kali selama masa nifas 42 hari setelah kehamilan.

BLT PKH 2021 juga akan diberikan kepada anak usia dini senilai Rp 3 juta, penyandang disabilitas berat senilai Rp 2,4 juta, dan lansia 70 tahun ke atas senilai Rp 2,4 juta.

Kemudian untuk anak sekolah yang duduk di bangku SD/MI/sederajat akan mendapatkan BLT PKH 2021 sebesar Rp 900 ribu. Kemudian SMP/MTs/sederajat akan mendapatkan Rp 1,5 juta. Bagi pelajar SMA/MA/ sederajat akan mendapatkan Rp 2 juta. (idr)

BLT PKH 2021

– Ibu hamil : Rp3 juta (empat tahap : Januari, April, Juni, dan Oktober)
– Anak usia dini : Rp 3 juta.
– Penyandang disabilitas berat : Rp 2,4 juta.
– Lansia 70 tahun ke atas : Rp 2,4 juta.
– Siswa SD/MI/sederajat : Rp 900 ribu.
– Siswa SMP/MTs/sederajat : Rp 1,5 juta.
– Pelajar SMA/MA/ sederajat : Rp 2 juta.
* Kemensos RI