Paslon Lutra “Jualan” Program Unggulan

34

* Dalam Debat Publik Sore Nanti di Makassar

MASAMBA – Tiga kandidat bupati dan wakil bupati Luwu Utara bakal unjuk kemampuan d`alam berkomunikasi, “menjual” program unggulan mereka dalam debat publik di Hotel Four Points, sore nanti di Makassar.

Jalannya debat yang tayang di Kompas TV itu bisa disaksikan di layar televisi maupun gadget dan monitor komputer pada Minggu, 22 November 2020 mulai pukul 15.00 Wita, hingga tuntas.
Debat Publik Pilkada Lutra mengusung tema Luwu Utara yang Religius dan Berkeunggulan, yang bakal dipandu oleh presenter cantik, Liviana Cherlisa.

Komisioner KPU Luwu Utara Divisi Teknis, Hayu Vandy P mengatakan, debat bakal berlangsung dua jam.
“Mulai pukul 15.00 Wita sampai 17.00 Wita, kalau tidak ada perubahan tiba-tiba,” kata Hayu saat dikonfirmasi Jumat 20 November 2020.

Untuk diketahui, Debat Publik ini sendiri akan berlangsung dalam 6 sesi debat, dimana pada sesi terakhir yakni closing statement, Paslon nomor urut 3 yakni Arsyad Kasmar-Andi Sukma akan mendapat jatah paling duluan dengan durasi 2 menit.

Disusul closing statement dari Paslon nomor urut 1, M Tahar Rum-Rahmat Laguni (MTR-RL) dan terakhir Paslon nomor 2 yang juga petahana, Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (BISA) akan tampil paling akhir saat memberikan ‘pernyataan penutup‘ di Debat Publik yang berdurasi dua jam itu.

Visi Misi Paslon

Adapun sebelumnya diulas program unggulan paslon. Dimulai dari paslon Muh Thahar Rum dan Rahmat Laguni atau yang dikenal dengan tagline MATAHARI merilis 15 program prioritas.

Disampaikan Juru Bicara Pemenangan MATAHARI, Fujianto Manati, program prioritas ini mewakili semua segmen. Mulai dari sektor kesehatan, pendidikan, pertanian, infrastruktur, pemberdayaan, sosial keagamaan, kepemudaan, wisata kebudayaan, gender, olahraga, lingkungan hidup dan tata kelola pemerintahan. Juga penciptaan lapangan kerja, sumber daya manusia serta penanggulangan banjir tahunan.

Adapun 15 program unggulan MATAHARI yakni, pemberian santunan melahirkan dan kematian masyarakat miskin. Menggratiskan iuaran BPJS bagi keluarga miskin. Mengembalikan kejayaan kakao.
Meningkatkan kualitas RSUD Andi Jemma sebagai estalase pelayanan kesehatan publik. Peningkatan kualitas jalan lingkar Kota Masamba. Meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah unggulan dan beasiswa.

Meningkatkan produktivitas pertanian, perkebunan, perikanan melalui perwilayahan komoditi. Membangun industri pengolahan disentra produksi sebagai nilai tambah ekonomi untuk menciptakan lapangan kerja dan pajak pendapatan asli daerah. Menghadirkan birokrasi yang bersih, kompeten, dengan pelayanan profesional. Bantuan modal UMKM.

Normalisasi sungai untuk penanggulangan banjir tahunan. Pengembang sektor wisata/budaya serta peningkatan sarana prasarana olah raga. Pemberian intensif imam masjid, guru mengaji, guru sekolah Minggu, guru TK/PAUD dan pemangku. Pemberdayaan perempuan, masyarakat adat, Ormas dan OKP. Terakhir, pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Sementara itu, program unggulan paslon Indah Putri-Suaib Mansur (BISA) yakni, sektor pertanian dan perkebunan menjadilah satu fokos Indah-Suaib jika terpilih ke depan. Mulai dari revitalisasi saluran pembuang, bantuan bibit, hingga asuransi bagi petani yang gagal panen.

Selain itu, Indah juga menyampaikan jika Indah-Suain akan tetap melanjutkan program bantuan bibit untuk para petani jagung, kakao dan petani lainya.

”Kita juga punya program asuransi untuk petani. Jadi petani yang memiliki sawah dibawah dua hektar, jika padinya gagal panen atau puso kita asuransikan. Kita akan batu enam juta per hektar,” ungkap Indah dalam suatu pertemuan dengan masyarakat.

Soal infrastruktur jalan jalan desa dan jalan tani juga masuk dalam prioritas Indah-Suaib.” Itumi bagusnya kalau calon yang sangat paham kondisi wilayahnya. Belumpi kita tanyakan saya sudah tahu,” pungkasnya.

Terakhir program unggulan paslon Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS) mengusung program kendaraan dinas untuk kades, dan motor untuk tiap kepala dusun. Ada juga pembangunan fisik pengairan berapa debit air dibutuhkan sawah, itu yang dibuatkan perencanaan.
Kedua perencanaan budidaya tanaman kakao atau kopi atau rumput laut.

Arsyad mengaku akan menambah kuota pupuk di Luwu Utara, juga akan membangun pabrik pengolahan gabah.
Arsyad mengaku akan mengundang investor untuk membangun industri hilir refeneri yakni pengolahan minyak. Selain itu, ada juga pengadaan seragam sekolah bagi siswa tahun ajaran baru tingkat SD sampai SMP. Pengadaan laptop untuk Guru SD dan SMP. Pengadaan ambulans berstandar untuk pelayanan kesehatan di kampung-kampung. Memberikan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi.

Membuka lapangan pekerjaan dan membangun kawasan indsutri, pengolahan yang berbasis pada potensi pertanian, perkebunan perikanan, kehutanan dan non agro yang terintegrasi deri hulu ke hilir (food Industry). Bantuan sarana dan prasarana petani, pekebun, dan nelayan serta peternak dalam hal ketersediaan pupuk, bibit, kapal dan akses pasar.

Bantuan modal usaha dan pengembangan usaha dengan teknologi tepat guna serta kegiatan olahraga dan seni. Pembinaan generasi muda melalui pengembangan usaha dengan teknologi tepat guna serta kegiatan olahraga dan seni. Pengadaan mobil operasional setiap desa dan motor setiap dusun sebagai bentuk percepatan pelayanan. Terakhir, pemberian intensif yang memadai untuk guru mengaji, iman masjid, guru sekolah Minggu dan pendeta.

Sedangkan, tiga program khusus AKAS adalah akselerasi pembangunan infrastruktur pascabanjir bandang. Percepatan normalisasi, Sungai Rongkong, Masamba, Radda, Kanjiro, Bone-bone, Baliase, dan Saluampak yang bekerja sama dengan Pemprov Sulsel dan Pusat.(jun/idr)