Kepala BPN Serahkan 677 Sertifikat PTSL

17
Kepala BPN Luwu Sapyuddin SH, MH foto bersama dengan Camat Ponrang Selatan dan masyarakat penerima sertifikat PTSL. Sebanyak 677 Sertifikat dibagikan kepada masyarakat.

*Warga Ponsel Sangat Berterima Kasih

PONSEL — Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Luwu, Sapyuddin SH, MH kembali melakukan penyerahan sertifikat hak atas tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 di Kantor Kecamatan Ponrang Selatan (Ponsel), Kamis 19 November kemarin.

Dalam sambutannya Sapyuddin mengungkapkan, tanah merupakan suatu hal mendasar bagi masyarakat. Menurut undang-undang, dalam rangka perlindungan hukum, tanah-tanah tersebut harus terdaftar. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan perlindungan hak-hak masyarakat tapi juga merupakan data primer bagi bangsa untuk program kegiatan pemerintah.

“Jika tanah yang kita kuasai terdaftar secara hukum ini akan membantu masyarakat dalam program kegiatan pemerintah. Semisal, jika ada program bantuan bedah rumah, tanah masyarakat harus terdaftar untuk mendapatkannya. Sertifikat tanah juga bisa bermanfaat secara ekonomi untuk masyarakat, ” kata Sapyuddin.

Menurut Sapyuddin, pihaknya telah berkomitmen kepada Bupati Luwu untuk memberikan kedaulatan kepada masyarakat atas kepemilikan tanahnya dengan menerbitkan sertifikat atas tanah yang mereka kuasai. ” Alhamdulillah hari ini kita dapat realisasikan janji kami. Ini adalah bentuk komitmen kami bersama pemerintah daerah termasuk camat dan kepala desa di Kabupaten Luwu agar masyarakat memiliki kepastian hukum atas kepemilikan lahannya,” katanya.

Masih kata Sapyuddin, dirinya ingin di wilayah Kecamatan Ponrang Selatan ini bisa menjadi percontohan dimana seluruh masyarakat yang memiliki lahan dapat seluruhnya didaftarkan dan dapat diterbitkan sertifikat tanahnya. “Saya sangat prihatin sebagai putra daerah jika masyarakat disekeliling kita lahannya tidak bersertifikat. Makanya kita optimalkan pensertifikatan lahan di sini dan di Luwu pada umumnya. Alhamdulillah sudah ada 40 ribuan sertifikat kita lahirkan sejak kurun waktu 4 tahun ini,” katanya.

Ketua Panitia PTSL Tahun 2020 BPN Luwu, Dwi Widada, S Sos mengatakan, pemberian sertifikat di kecamatan Ponrang Selatan hari sebanyak 677 bidang yang tersebar dari 3 desa, masing-masing 98 bidang di desa Bakti, 184 bidang di Pattedong Selatan, dan paccerakang 395 bidang.

“Untuk tahun 2020 ini BPN Luwu dibawah kepeimpinan bapak Sapyuddin menerbitkan sertifikat sebanyak 3.571 bidang yang tersebar di 7 kecamatan yaitu Belopa, Bua, Bupon, Ponrang, Ponrang Selatan, Walenrang Timur dan Suli. Total desa yang tersentuh sebanyak 14 desa.

Sebetulnya target kita bisa menerbitkan hingga 15.347 sertifikat namun karena beberapa kendala kita hadapi utamanya kejadian Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak bulan Maret lalu, berdampak banyaknya anggaran mengalami pengembalian,” tandas Dwi Widada.

Camat Ponrang Selatan, Uparuddin, SH dalam kesempatan tersebut menyatakan sangat berterima kasih kepada Sapyuddin selaku kepala BPN Luwu yang telah membantu masyarakat. ” Semoga tahun depan Ponrang Selatan dapat diberikan program PTSL lagi karena masih banyak masyarakat yang lahannya belum bersertifikat,” kata Uparuddin. (and/him)