Ini Beda Tujuh Jenis Masker Wajah yang Wajib Kamu Tahu, Jangan Keliru Yah!

21
sheet-mask/net

PALOPOPOS.CO.ID— Masker wajah adalah salah satu rangkaian skincare rutin yang memiliki banyak manfaat, seperti melembabkan kulit hingga mengatasi masalah jerawat. Masker sendiri memiliki banyak jenis yang fungsinya berbeda-beda.

Sebelum memakai masker, perhatikanlah dulu jenis kulit wajahmu. Setelahnya, baru gunakan masker wajah sesuai dengan jenis dan keadaan kulitmu.

Apa saja jenis-jenis masker yang biasanya banyak beredar di pasaran? Yuk, intip beragam jenis dan manfaatnya!

1. Sheet Mask

Masker jenis sheet atau lembaran ini masih jadi yang paling digemari. Bukan hanya karena praktis, sheet mask jadi favorit karena bahan essence di dalamnya mampu melembabkan wajah serta membuat kulit menjadi lebih glowing.

2. Clay Mask

Clay mask adalah jenis masker yang dibuat dari tanah liat. Masker jenis ini cukup ampuh untuk melembabkan kulit, menyerap minyak berlebih, menghilangkan jerawat dan komedo, serta mampu mengangkat kotoran di kulit wajah secara mendalam.

3. Peel of Mask

Ini Beda Tujuh Jenis Masker Wajah yang Wajib Kamu Tahu, Jangan Keliru Yah!
peel-of-mask/net

Masker peel of awalnya berbentuk krim atau gel. Saat diaplikasikan ke wajah, masker tersebut akan mengering dan setelah beberapa waktu dapat dikelupas kembali. Masker peel of berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo, serta membuat kulit halus dan kencang.

Untuk kulit kering, baiknya menggunakan masker jenis krim, sedang untuk kulit berminyak, gunakan jenis gel.

4. Exfoliating Mask

Sesuai namanya, exfoliating mask adalah jenis masker untuk mengeksfoliate atau sebagai masker pengelupasan. Proses menggunakan masker ini biasa disebut scrubbing. Exfoliating mask mampu menyingkirkan sel kulit mati, membuat wajah cerah dan lembut.

Di pasaran, exfoliating mask bisa ditemukan dalam bentuk bubuk, krim atau gel dengan scrub didalamnya. Kamu juga bisa mengaplikasikan exfoliate mask sendiri misalnya dari kopi dan madu.

5. DIY Mask

Do it yourself! Ya, buatlah sendiri maskermu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Biasanya DIY mask memanfaatkan buah-buahan segar dan tumbuhan lain seperti mentimun atau lidah buaya. Putih telur dan madu juga bisa diolah untuk masker ini.

6. Sleeping Mask

Sleeping mask adalah masker yang mengandung formula asam hialuronat sehingga baik digunakan malam sebelum tidur. Masker ini biasanya berbetuk gel atau krim sehingga nyaman digunakan selama tidur.

Pada pagi hari, bersihkan wajah dari bekas-bekas masker yang masih menempel. Masker ini bisa melembabkan wajah dan menghidrasi kulit setelah seharian beraktivitas.

7. Charcoal Mask

Charcoal mask atau masker arang sangat cocok untuk kulit berminyak dan rawan jerawat. Masker ini terbuat dari arang bambu yang mengandung karbon aktif dan mampu menyerap racun, bakteri atau partikel yang menempel pada kulit.

Masker arang juga mampu menyeimbangkan produksi minyak di wajah, memperkecil pori-pori besar di wajah dan juga mengatasi kulit kusam. (*)