Hamzah Jalante dan Zulkifli Nurham Siap Panaskan Pilwalkot Palopo

226
Hamzah Jalante (kiri) dan Zulkifli Nurham, Keduanya siap berpasangan di pilwalkot Palopo. Namun, tergantung publik menilai. FT/IST

PALOPOPOS.CO.ID, PALOPO — Pemilihan Wali Kota Palopo yang mewacana 2022 terus memunculkan bakal calon. Nama-nama yang sudah mencuat ke permukaan sudah tidak asing lagi di masyarakat. Ada yang dari kalangan politisi, akademisi, pengusaha, dan birokrat. Terbaru nama Hamzah Jalante mencuat ke permukaan dan siap berpasangan dengan haji figur yang begitu familiar Zulkifli Nurham (HZN).

Ya, Hamzah Jalante dan Haji Zulkifli Nurham (HZN) siap panaskan pilwalkot Palopo. Keduanya figur potensial yang dianggap layak dan mampu membawa Kota Palopo jauh lebih modern. Hamzah Jalante sendiri sejak kecil akrab disapa Assa dan Zulkfili Nurham akrab disapa Illi. Hamzah merupakan pamong senior pemerintahan.

Sedangkan Illi saat ini salah satu dirut asuransi di Jakarta. Dari segi manajerial mereka memang chemistry. Sudah baku tahu sejak kecil sampai sekarang ini. Jadi kalau mereka pasangan, bukan tidak mungkin mereka bakal lawan tangguh bagi kandidat lainnya.

Memang, kalau keduanya pasangan bukan tidak mungkin bapaslon bakal kasih panas suasana. ”Tapi, tergantung publik nanti menilai. Kami siap berdua bisa baku putar. Illi ’01’ bisa. Saya juga begitu. Tapi, kita serahkan ke publik nanti. Hehehe…,” tandas Hamzah Jalante, kepada Palopo Pos, Jumat 20 November 2020.

Sambil berseloroh Hamzah Jalante menyinggung nama Assa. ”Kalau Assa dibalik tetap juga Assa,” ujarnya sambil tertawa.
Begitu juga Illi dibalik tetap juga Illi. ”Jadi kami siap baku putar tergantung harapan dan keinginan publik,” lanjut mantan kepala BPKAD Pemkot Palopo ini.

Assa dan Illi sudah seperti saudara dan sekaligus sahabat. Sejak kecil mereka sudah bersama-sama. Mereka sejak kecil di Jalan Jenderal Sudirman (Jensud), tepatnya di wilayah yang biasa disebut Amassangan Terendan (Amsterdam). Namun, sejak Wali Kota Judas Amir memimpin Kota Palopo stigma ‘Amsterdam’ sudah hilang dan kini menjadi salah satu wilayah modern dalam wilayah kota ‘idaman’. ”Kami sekolah mulai SDN 1, SMPN 1, SMAN 1 di Palopo,” terang Hamzah yang kini jadi dosen di IPDN.

Untuk diketahui, Hamzah Jalante sejak menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palopo, telah menuai banyak prestasi termasuk salah satunya adalah mampu menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palopo sampai 176 miliar hingga berhasil meraih WTP tiga kali berturut-turut.
Dulu PAD Palopo tahun 2013 hanya Rp24 miliar, kemudian tahun 2014 naik menjadi Rp64 miliar. Lalu naik menjadi Rp 176 miliar pada tahun 2017.

Makanya, oleh HM Judas Amir saat Hamzah Jalante mundur dari BPKAD dan memilih kembali ke IPDN jadi dosen, menyebutnya Hamzah Jalante adalah Matahari dari Kota Palopo.(ary)