Delapan Kapolda Baru Dilantik, Ini Pesan Tegas Kapolri…

30
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis

PALOPOPOS.CO.ID, JAKARTA– Kapolri Jenderal Idham Azis resmi melantik delapan Kapolda baru termasuk Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya yang menggantikan Irjen Nana Sudjana yang dianggap tidak menjalankan perintah untuk menegakan protokol kesehatan (prokes).

Pelantikan itu dilakukan dalam prosesi serah terima jabatan (sertijab) di Rupatama Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11) secara tertutup.

Dalam sertijab itu, Jenderal Idham Azis memberikan pesan memberi pesan tegas kapada 8 Kapolda Baru agat tak segan-segan menindak tegas para pelanggar protokol kesehatan. Termasuk harus mempersiapkan pengamanan supar ketat jelang diselenggarakannya Pilkada serentak.

“Berikan jaminan bahwa penyelenggaraan tahapan Pilkada sesuai dengan protokol kesehatan dan berjalan aman,” kata Idham di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/2020).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga mengingatkan agar anggota tetap menjaga netralitasnya dalam pemeilihan kepala daerah Desember mendatang.

“Pastikan netralitas baik secara organisasi maupun individu,” ujarnya.

Diketahui, Jenderal Idham Azis tak mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana. Idham juga mencopot Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Rudy Sufahradi.

Pencopotan ini diduga merupakan buntut acara yang digelar pemimpin FPI Rizieq Shihab. Rizieq menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan anaknya pada Sabtu, 14 November dan Ahad, 15 November 2020.

Selain Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat, serah terima jabatan dalam telegram TR nomor ST/3222/XI/KEP./2020 per tanggal 16 November 2020 juga dilakukan di sejumlah kursi pimpiman perwira tinggi internal Korps Bhayangkara. Diantaranya adalah;

Irjen Petrus R. Golose Kapolda Bali dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri.

Irjen Putu Jayan Danu Putra Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Bali.

Irjen Baharudin Djafar Kapolda Maluku dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Irjen Refdi Andri Koorsahli Kapolri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Maluku.

Irjen Nico Afinta Kapolda Kalsel diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Jatim.

Irjen Rikwanto Kapolda Malut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Kalsel.

Irjen Risyapudin Nursin Kakorbinmas Baharkam Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Malut.

Irjen Firman Shantyabudi Kapolda Jambi diangkat dalam jabatan baru Aslog Kapolri.

Irjen Albertus Rachmad Wibowo Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. 1 Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru Kapolda Jambi

Brigjen Ferdy Sambo Dirtipidum Bareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kadiv Propam Polri.(ps/pp)