11 Bacaleg PKB Sulsel Tana Luwu Berpeluang Duduk

  • Bagikan

Petahana Irwan Hamid Naik Kelas ke DPR RI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Salah satu partai yang kembali menargetkan kadernya duduk di DPRD Provinsi Sulsel dari Dapil XI Tana Luwu adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
DPW PKB Sulsel telah menyetor 11 nama bacaleg ke KPU Sulsel beberapa pekan lalu.

Dari informasi yang diperoleh Palopo Pos, 11 nama bacaleg PKB untuk Dapil XI Tana Luwu, yaitu 1. Zulfikar Limolang, 2. Dahri Suli, 3. Andi Jahida Ilyas, 4. Hidayat, 5. Imbara, 6. Lili Oedy Muthiah, 7. Muhammad Marwal Iskandar, 8. Mutiastuty Muchtar, 9. Joni Botak, 10. Muhammad Rezha Dingrah, dan 11. Syarifuddin.

Kesebelas nama di atas semuanya punya potensi peluang untuk duduk di DPRD Sulsel, lantaran petahana saat ini Irwan Hamid jauh hari telah menyatakan "naik kelas" ke Pileg DPR RI lewat Partai PKB juga.

Dari 11 nama bacaleg PKB ini, beberapa nama yang santer disebut sebagai pendulang suara ada Dahri Suli yang merupakan Ketua PKB Kota Palopo, anggota DPRD Kota Palopo empat periode, serta memiliki rumpun keluarga besar tersebar di Tana Luwu.

Selain itu, ada nama Zulfikar Limolang yang merupakan putra asli dari Luwu Utara, tepatnya dari Desa Radda, Kec. Baebunta. Saat ini ia lebih banyak berkiprah di Ibu Kota Negara dan Kota Makassar.

Dengan pengalaman organisasi kampus BEM, Organisasi Mahasiswa PMII serta lainnya, membuat beliau di lirik oleh Ketua DPW PKB Sulawesi Selatan hingga diberi amanah sebagai Ketua BAPPILU PKB Sulsel, bahkan beliau juga dikenal karena kecerdasannya oleh ponggawa PKB sendiri di Pusat yakni Ketua Umum DPP PKB Indonesia Gus Muhaimin Iskandar.

Ia juga pernah sebagai Tenaga Ahli Kementrian Desa dan Kementrian Ketenaga Kerjaan RI.
Dari periode pertama Presiden Jokowi, milyaran bantuan anggaran dari kementrian Desa dan Tansmigrasi beliau alirkan ke Luwu Utara bahkan hingga se Tana Luwu. Dan saat ini sudah beberpa tahun terakhir kembali menjabat Tenaga ahli Kemnaker RI.

Lalu ada nama legenda sepak bola nasional asal Tana Luwu, yaitu 7 Marwal Iskandar.
Siapa tidak kenal legenda sepakbola Indonesia, Marwal Iskandar? Dia berwara-wiri memperkuat tim-tim raksasa di Indonesia.

Kini, pesepakbola asal Tana Luwu ini pulang kampung. Ia akan mewakafkan dirinya di kampung halamannya dengan maju sebagai calon anggota legislatif.
Yah, Marwal Iskandar akan maju sebagai salah satu calon anggota DPRD Sulsel dari daerah pemilihan XI Sulsel yang meliputi Tana Luwu, yakni Luwu, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Ia akan diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Menariknya, nomor urut yang digunakan sama dengan nomor punggung 'keramatnya' saat aktif bermain bola dulu. Yakni, nomor tujuh (7).

''Saya kembali ke kampung halaman untuk mengabdikan diri. Mewakafkan diri saya. Tentunya akan berjuang untuk memajukan daerah dan masyarakat, termasuk memajukan olahraga terkhusus sepakbola,'' katanya.

Saat ini M. Iskandar atau Marwal Iskandar adalah Instruktur Kepelatihan Lisenci D dan Lisenci C Diploma PSSI. Dan juga instruktur di Asia tentang sport for development.

''Jika ada kursus pelatih maka kami di Indonesia yang turun untuk melatih pelatih,'' bebernya.
Di Indonesia ini hanya 28 orang saja yang jadi instruktur, termasuk dirinya. Makanya seminggu yang lalu dirinya habis menatar kursus Lisenci C Diploma PSSI di Makassar. Pesertanya dari provinsi lain. Dari Luwu Raya ada 3 orang. Yaitu Taufik Miming (Olang), Sahrul Rahmat Palopo, dan Yayat Muyassir dari (Luwu).

Menurutnya, pemain sepakbola dari Luwu Raya sangat potensi jika diarahkan dan dilatih dengan baik.
Contoh pemain-pemain sepakbola dari Luwu Raya yang sudah bermain di Luar Sulawesi mereka semua berprestasi di timnya masing-masing.

Ditambahkan, setiap tahunnya dirinya mengirim 13 orang pemain ke luar Sulawesi untuk bermain di Liga 2 dan 3. Bahkan ada 3 orang pemain ditawar untuk bermain di luar negeri. Itu bukti bahwa pemain dari Luwu Raya ini sangat potensi. ''Dan, ini adalah tugas dan tanggung jawab saya sebagai Mantan pemain Gaspa di Luwu Raya,'' katanya
Dalam waktu dekat ini Askot Palopo bekerja sama dengan Asprov dan Apssi untuk mengadakan kursus kepelatihan sepakbola Lisensi D.

Menurutnya, peningkatan SDM pelatih sangat perlu dilakukan sebab pelatihlah yang akan menciptakan pemain berkualitas.
Sejak 5 bulan terakhir ini, Marwal (KANDA') telah membina pemain-pemain se Luwu Raya berjumlah 1.250 orang pemain dari 4 kategori Usia U10 dan U12 tahun itu sebanyak 500 orang. Usia U13 & U14 itu 750 orang pemain.

Marwal buatkan mereka Kompetisi yang mana kompetisi ini durasi waktunya cukup lama. Yakni, 16 pekan dan bermain di hari Sabtu-Ahad. Setiap Minggunya KOMPETISI Usia Dini APSSI SULSEL CUP berlangsung di lapangan Salobulo dan Stadion Lagaligo Palopo.

Selanjutnya ada nama Andi Jahida Ilyas. Yang merupakan mantan Anggota DPRD Sulsel dari Dapil Tana Luwu Periode 2014-2019. Hanya saja saat itu, ia duduk di DPRD Sulsel dari Partai PKS. Di Pileg 2019, lalu ia kalah dari rekan separtainya Andi Syarifuddin. Dan untuk Pileg 2024 mendatang, ia kembali mencoba untuk kembali duduk di DPRD Sulsel lewat PKB.

Selain itu, ada nama Imbara yang merupakan Ketua HIPMI Kota Palopo. Ia juga pengusaha perumahan (developer). (idr)

11 Bacaleg PKB Dapil XI Tana Luwu

  1. Zulfikar Limolang
  2. Dahri Suli
  3. Andi Jahida Ilyas
  4. Hidayat
  5. Imbara
  6. Lili Oedy Muthiah
  7. Muhammad Marwal Iskandar
  8. Mutiastuty Muchtar
  9. Joni Botak
  10. Muhammad Rezha Dingrah
  11. Syarifuddin
  • Bagikan