Warga Mulai Diserang Gatal-gatal

17
Polres Palopo, melalui Unit Binmas, menyalurkan bantuan sembako di Posko bencana, kepada korban banjir di lingkungan Marobo, Kelurahan Salubattang, Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Gambar direkam, Selasa, 20 Oktober 2020. ---kahariting/palopopos---

*Bantuan Silih Berganti ke Posko Bencana

SALUBATTANG — Air setinggi paha orang dewasa yang menggenangi 13 pemukiman warga di RT 02/RW 03 Lingkungan Marobo, Kelurahan Salubattang, Kecamatan Telluwanua Kota Palopo, akhirnya sudah surut, Selasa, 20 Oktober 2020.

Sejak pukul, 08.00 Wita kemarin, warga sibuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan lumpur pasca banjir, dua hari lalu.
Hanya saja, banjir telah berlalu, sekarang muncul masalah baru.
Ya, sebagian warga baik orang dewasa maupun anak-anak diserang penyakit gatal-gatal.

Terkait dengan banjir, bantuan baik dari donatur, keluarga, Pemerintah Kota (Pemkot), Polres Palopo, silih berganti mengalir ke Posko BPBD yang dibangun di dekat lokasi banjir.

Pemkot Palopo, melalui BPBD, menyuplai beras. Sedang, Polres Palopo, selain beras juga beberapa bahan pokok lainnya, seperti, ikan kaleng, minyak kelapa, mie instan, perlengkapan bayi, dan sembako lainnya
“Alhamdulillah, air sudah surut.

Saat ini kami membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih ada di dalam rumah. Kalau penyakit gatal-gatal, informasi yang kami terima memang sudah ada yang terdampak,” kata Ibu Rumah Tangga (IRT) Sinapati (35) di lokasi banjir siang kemarin.

Pantauan Palopo Pos menyebutkan, penyuplaian air bersih dari PDAM Telluwanua juga sudah tersalur.
Posko pengungsi dengan ukuran 12×6 masih terpasang di lokasi bencana.
Warga yang tandinya mengungsi, sebagian telah kembali ke rumahnya masing-masing.

“Kita berdoa semoga curah hujan tidak lebat supaya kami bisa tidur dengan nyenyak,” ucap Syamsidar, salah seorang tokoh masyarakat.
Sementara itu, Lurah Salubattang, Muliyati SSos, yang ditemui di lokasi banjir, mengatakan, warga diminta selalu waspada, mengingat cuaca akhir-akhir ini tidak menentu.

“Kami dari pemerintah kota, tetap akan memikirkan solusi dari banjir yang selalu menjadi langganan di Kelurahan Salubattang, terutama di lingkungan Marobo,” tutup Muliyati.(ded/rhm)