Program Prioritas Theo-Zadrak di Pilkada Tator, Maksimalkan Kinerja Pembangunan

216
Pasangan : Theo-Zadrak

*Prioritaskan Sektor Pariwisata, Pertanian dan Perkebunan

PALOPO-–Pasangan Theo-Zadrak di pilkada Tana Toraja optimis diterima dengan baik oleh masyarakat dan keluar sebagai pemenang di Pilkada Tana Toraja. Apa yang disuguhkan kandidiat usungan Partai Demokrat dan Gerindra ini disebutkan sangat mendasar untuk kemajuan Kabupaten tersebut.

Theofilus Allorerrung, saat diwawancara Palopo Pos, Rabu 21 Oktober 2020 mengungkapkan tiga sektor yang sangat mendasar bagi Toraja Utara yang disebutkan ruh bagi masyarakat. Yakni Sektor Kepariwisataan, Pertanian dan Perkebunan untuk mengatasi masalah ekonomi yang ada. Tentu juga pembangunan infrastruktur yang berkeadilan kata Theo, sapaan akrabnya tentu akan dilakukan dimana masih banyak wilayah yang infrastrukturnya tidak memadai.

“Kita akan maksimalkan kinerja pembangunan melalui bidang Pariwisata, Pertanian, Perkebunan serta infrastruktur. Ini yang akan menjadi program prioritas kami untuk dibangun, untuk masa depan Tana Toraja yang harus dikerjakan secara maksimal serta lebih optimal,”kata mantan Bupati tersebut.

Meski tidak dijelaskan secara detil, namun kata Theofilus mereka telah memperhitungkan harus memulai darimana. itu juga telah dijabarkan dalam visi misi mereka. Menurutnya ketiga sektor tersebut harus betul-betul diberikan perhatian khusus. Pembangunannya akan lebih Komprehensif. “Karena ketiga sektor ini yang mengatasi masalah ekonomi masyarakat dan mengurangi tingkat pengangguran sehingga saya mengatakan bahwa ini adalah ruh dan masa depan Tana Toraja,”katanya.

Kemudian satu sektor lagi yang luput dari perhatiannya yakni pengembangan UMKM yang lagi-lagi dirancang untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan mengatasi masalah pengangguran. Ia melihat selama empat tahun terakhir UMKM tidak mendapatkan ruang cukup dalam mengembangkan produk.

Padahal menurut Theofilus, UMKM dan ekonomi kreatif di Tator memiliki prospek bagus. Tator berpotensi mengembangkan sentra-sentra ekonomi kreatif yang bersentuhan dengan sektor pariwisata.

“Kalau ini mendapat dukungan pemerintah daerah, akan menjadi salah satu penopang ekonomi kerakyatan. Tapi kita lihat dukungan pemerintah sangat minim. Sehingga UMKM dan ekonomi kreatif di Tator tidak berkembang sebagaimana mestinya,” katanya. Kemudian pemulihan ekonomi masyarakat dikarenakan covid-19 juga turut menjadi perhatian kandidat nomot urut 1 tersebut. (ald)