Pesawat Citilink Berhasil Mendarat Perdana

193

PALOPO–Setelah sebelumnya gagal melakukan penerbangan ke Bandara Toraja, pesawat Citilink akhirnya berhasil melakukan pendaratan dengan mulus, Senin 12 Oktober 2020.

Dengan berhasilnya melakukan pendaratan di bandara pagi kemarin, pesawat tersebut juga telah resmi beroperasi 3 kali dalam sepekan dengan jadwal penerbangan dengan rute Toraja-Makassar PP setiap hari Senin, kamis dan Sabtu.

Diketahui pesawat jenis ATR-72 tersebut lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan mendarat di Bandara Toraja pukul 10.30 Wita. Saat tiba, pesawat disambut secara seremonial (water salut) yakni terdapat dua mobil pemadam kebakaran menyemprotkan air saat pesawat memasuki Taxiway (Landasan Gelinding).

Pada penerbangan perdana ini pesawat saat datang bersama 20 penumpang ditambah 5 crew kemudian berangkat 17 penumpang bersama 5 crew. “Ada 20 penumpang ditambah crew saat datang dan 17 penumpang ditambah 5 crew saat berangkat,”ungkap, Rasyidin, Kepala Bandara Toraja saat dikonfirmasi Palopo Pos, sore kemarin.

Saat penyambutan pesawat turut hadir Pjs Bupati Tana Toraja, Asri Sahrun Said. Ia berterima kasih adanya maskapai baru di Bandara itu sehingga penerbangan dilakukan setiap hari dengan mengisi waktu kosong maskapai lainnya yakni Wings Air yang terbang pada hari Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu.

“Kini wisatawan lebih mudah mengakses Toraja, tak perlu waktu lama lagi dan tentunya ini membawa angin segar untuk kemajuan sektor pariwisata di Toraja,”ungkap Pjs Bupati Tator tersebut.

Sebelumnya Pesawat Citilink batal melakukan pendaratan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020 lantaran cuaca buruk. Saat itu, pesawat terpaksa putar haluan ke Makassar karena cuaca di sekitar Bandara Toraja kurang bersahabat.

Dikabarkan pesawat ATR-72 tersebut dijadwalkan melakukan landing (pendaratan) di Bandara Toraja pada pukul 10:00 Wita. Namun hingga pukul 15:30 Wita awan hitam masih menyelimuti langit di sekitar Bandara Toraja. Sehingga pilot pesawat Citilink tak mau ambil resiko dan memilih kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.(ald)