Penempatan Pejabat Harus Sesuai Kompetensi

154

TOMPOTIKKA — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo saat ini belum mengeluarkan nama-nama ASN yang lolos hasil seleksi atau lelang jabatan pada Juli 2020.

Sebelumnya, Pemkot melalui BKPSDM membuka lelang jabatan untuk 10 Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkot Palopo. Meski begitu, DPRD Palopo meminta agar dalam mengisi jabatan kepala PD tersebut harus menempatkan pejabat sesuai kompetensi keilmuan yang dimiliki.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Palopo, Baharman Supri menyarankan agar penempatan pejabat eselon hasil seleksi ini harus benar-benar orang yang sesuai kompetensi dan profesional.

“Kita minta meskipun hasil seleksi, tapi pejabat eselon yang ditempatkan menduduki suatu jabatan di PD haruslah orang yang benar-benar kompeten. Jangan hanya sekedar dijadikan syarat untuk meloloskan orang-orang tertentu saja,” katanya kepada Palopo Pos, Senin 12 Oktober 2020.

Baginya, seleksi harus jujur dan adil dan harus melihat dari kemampuan, pendidikan dan sebagainya. “Agar nanti ketika mereka menempati jabatan di instansi, mereka benar-benar mampu dan profesional,” sebut Baharman kemarin.

Ia menambahkan, sebab ketepatan penempatan seseorang untuk menduduki suatu jabatan di PD akan berpengaruh pada kinerja kerja dan pelayanan pemerintah.

“Baik ataupun buruknya kinerja dan pelayanan pemerintah, terhadap masyarakat dan pembangunan, ditentukan oleh para pejabatnya. Bila salah menempatkan orang duduk di suatu jabatan, maka kebijakan pemerintah pasti akan salah,” tuturnya.(rul/rhm)