Kasus Positif Bertambah, Salah Satunya Pelaut

112
Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Kota Palopo, Dr dr Ishak Iskandar, M.Kes

TOMPOTIKKA — Kasus positif covid-19 di Kota Palopo kembali bertambah sebanyak 5 (lima) orang. Kelima warga tersebut berasal dari Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur. Dimana salah satunya yakni seorang pelaut. Dan selebihnya adalah pelajar.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Kota Palopo, Dr dr Ishak Iskandar, M.Kes melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Palopo, San Ashari kepada Palopo Pos, Rabu 14 Oktober 2020. San menyebutkan, lima warga tersebut saat menjalani rapid tes hasilnya reaktif, sehingga dilanjutkan dengan tes swab yang hasilnya positif covid-19.

”Mereka menjalani rapid tes karena kebutuhan perjalanan, sehingga setelah swab tes dan hasilnya positif mereka menjalani isolasi mandiri dikarenakan mereka kategori OTG atau tanpa gejala,” jelas San kemarin.
Dengan demikian, lanjutnya, total kasus positif covid-19 di Kota Palopo berada di angka 263 orang. Dimana positif 69 orang, sembuh 181 orang, dan meninggal 13 orang.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, peta zona resiko covid-19 di 9 (sembilan) kecamatan menyebutkan, tiga kecamatan berada pada penularan resiko tinggi. Yakni Kecamatan Wara, Kecamatan Bara, dan Kecamatan Wara Timur.

Juga ada resiko sedang yakni berada di Kecamatan Wara Selatan, Kecamatan Wara Barat, dan Kecamatan Wara Utara. Sedangkan untuk resiko rendah itu berada di Kecamatan Mungkajang. Untuk penularan terkendali itu berada di Kecamatan Sendana dan Kecamatan Telluwanua.

Jubir Covid-19 Kota Palopo, Dr dr H Ishak Iskandar, M.Kes meminta warga Kota Palopo tetap patuh protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari dan waspada penularan covid-19 yang terjadi secara transmisi lokal dengan klaster keluarga.

“Mohon warga patuhi protokol kesehatan. Saya minta warga tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, pakai masker dan rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak, dan hindari kerumunan,” tandasnya.(rhm)