Karier dan Keluarga adalah Amanah

125

Irmawati, S.Pd MM.Pd
Kepala SDN 52 Salutete, Kota Palopo

Tanggungjawab sebagai seorang istri adalah ibu adalah stimulan paling utama bagi para suami. Jangan hanya memberikan beban kepada suami dengan berbagai tuntutan.

Hal inilah yang dilakukan sosok female pekan ini. Dia Irmawati, S.Pd.,M.M.Pd, yang saat ini menjabat sebagai Kepala SDN 52 Salutete, Kota Palopo.

Perempuan yang diliputi banyak kesibukan dalam bidang pendidikan ini membuat Irmawati yang merupakan istri seorang anggota TNI, Serma Kadirman menjadi lebih bertanggungjawab atas segala kesibukannya.

Rasa tanggungjawab itu timbul karena di dalam jiwanya mempunyai rasa empati sehingga dapat menimbulkan motivasi dan otomatis menjadikannya bertanggungjawab seperti sekarang ini.

Kepada Palopo Pos, Jumat 16 Oktober 2020, Irma mengatakan, meskipun kesibukan mengepung kesehariannya, tetapi perhatiannya kepada keluarga dan tugas tetap menjadi yang utama baginya.

Ia mengatakan, tugas dari pekerjaannya yang dijalankannya saat ini menuntut banyak waktu sehingga harus tetap bertanggungjawab menyelesaikannya.

”Meskipun begitu, karier yang saya jalani tidak seharusnya menghabiskan waktu untuk bekerja terus menerus dan melupakan keluarga. Karena keluarga dan pekerjaan adalan suatu amanah dan suatu ibadah yang tidak boleh diabaikan,” jelas ibu dua orang anak ini.

Olehnya itu, Irma mencoba untuk dapat membagi waktunya secara efisien, hingga semua kesibukan dapat diselesaikan dengan baik.
Menjadi seorang ibu yang memiliki anak-anak yang akan semakin tumbuh besar, Irma berupaya menjadi teman curhat dan juga tempat berbagi anak-anaknya.

Menurutnya, banyak orangtua tidak mampu berkomunikasi dengan anak. Ada sekat psikologis yang membuat orang tua dengan anak menjadi berjarak dan tidak bisa nyambung setiap kali berkomunikasi.

Dengan menjadi sahabat bagi anak, komunikasi akan bisa lebih lancar dan nyaman.

”Jika komunikasi sudah lancar dan nyaman, akan memudahkan orangtua dalam menerapkan pola pengasuhan dan pendidikan bagi mereka.

Komunikasi yang lancar dan nyaman merupakan jalan untuk menumbuhkan pengertian dan kepercayaan antara orang tua dengan anak, sehingga hubungan di antara mereka akan lebih terbuka dan harmonis,” jelasnya.

Banyak anak mengalami krisis kepercayaan terhadap orangtua, sebutnya. Dengan menjadi sahabat, anak akan secara tulus memberikan kepercayaan kepada orang tua. Kepercayaan ini sangat berarti bagi anak-anak hingga mereka dewasa.

Di saat anak mengalami problematika kehidupan atau tengah menghadapi masalah berat, mereka akan menjadikan orangtua sebagai rujukan, tempat curhat dan berbagi beban perasaan. Jika anak tidak percaya kepada orangtua, mereka akan memilih orang lain sebagai tempat curhat dan mencari penyelesaian masalah. (rhm/idr)

BIODATA

Nama : Irmawati, S.Pd.,M.M.Pd
TTL : Palopo, 4 Februari 1981
Pekerjaan : ASN (Ka. SDN 52 Salutete)
Pangkat/Gol : IIIc
Status : Menikah
Nama Suami : Serma Kadirman
Anak : Tarisa Ramadhani
Muh Fathur
Hoby : Membaca

Riwayat Pendidikan :
– SDN 255 Mancani Tahun 1993
– SMPN 2 Tahun 1996
– SMADA Tahun 1999
– Universitas Terbuka ( DII) Tahun 2009
– Universitas Terbuka (SI) Tahun 2012
– ABI (S2) Tahun 2015

Riwayat Jabatan :
– Tahun 2010 lulus jadi ASN
– Ditempatkan sebagai tenaga pengajar di SDN 28 Mancani.
– Tahun 2020 diberi amanah dan tanggung jawab menjadi Kepala SDN 52 Salutete.