Kades Diminta Tanggap Sosial

16
Bupati Luwu, H Basmin Mattayang memberikan sambutan di Desa Pompengan Utara Selasa 20 Oktober 2020 kemarin. Dalam kesempatan tersebut Basmin meminta kepala desa harus tanggap sosial.

BELOPA — Tanggung jawab untuk memberikan pelayanan publik dan memberi perhatian kepada masyarakat bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah. Tetapi hal ini juga harus menjadi tanggung jawab para kepala desa selaku pemerintah desa.

Demikian yang diungkapkan Bupati Luwu, Drs H Basmin Mattayang, M.Pd disela acara peletakan batu pertama pembangunan bantuan unit rumah di Desa Pompengan Utara, Selasa (20/10) kemarin.

“Pemkab Luwu berupaya untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan. Ini adalah salah satu bentuk kepekaan sosial. Tetapi kami juga sangat berharap, kepekaan sosial itu massif di masyarakat. Kepala desa harus memiliki kepekaan sosial harus tanggap terhadap kondisi sosial dimasyarakatnya,” ungkap Basmin.

Basmin mengatakan, perlu bagi kepala desa untuk selalu tanggap terhadap kondisi sosial yang terjadi di masyarakatnya, sehingga berbagai permasalahan dapat segera diantisipasi dan diselesaikan dan tidak perlu membesar.

“Jika kepala desa tinggi kepekaan dan tanggap sosialnya, pekerjaan dan permasalahan apapun mudah kita selesaikan. Contohnya, jika terjadi bencana alam banjir, longsor dan kebakaran dan berdampak terhadap kerusakan serta mengancam nyawa warga, jika kepala desanya memiliki kepekaan dan tanggap sosial, langsung mengambil tindakan dan melaporkan ke pemerintah kecamatan dan pemerintah daerah. Dengan begitu kita bisa segera bertindak bersama, sehingga bencana bisa terhindar atau dapat di minimalisir,” kata Basmin.

Bupati Luwu dua periode ini menambahkan, hal yang tidak kalah pentingnya buat kepala desa, yaitu perlunya seorang kepala memiliki kepedulian terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Sehingga berbagai aspek pembangunan dapat bermanfaat buat masyarakat dan tidak merusak lingkungan yang justru dapat membahayakan masyarakat.

“Silakan ki optimalkan pembangunan. Tetapi pedulilah terhadap lingkungan. Jangan merusak hutan di desa kita, karena itu bisa menjadi ancaman bencana dikemudian hari buat kita dan generasi kita,” tandas Basmin. (and/him)