Kader Stunting Sosialisasi Door to Door

9

TOMPOTIKKA — Ketua TP-PKK Kota Palopo, dr Hj Utiasari Judas, M.Kes baru saja mengukuhkan 192 duta kader stunting PKK dari 48 kelurahan se Kota Palopo yang diawali dengan sosialisasi cegah stunting di tingkat kecamatan.

Ketua TP-PKK kepada Palopo Pos, Minggu 18 Oktober 2020 menyampaikan peran PKK dalam pencegahan stunting untuk meningkatkan kesadaran masarakat melalui peran kader stunting PKK kelurahan se Kota Palopo melalui kunjungan rumah sasaran, penyuluhan kepada masyarakat untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran keluarga akan penting gerakan sadar Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

”Kami berharap kepada duta kader stunting PKK yang telah dikukuhkan di Kecamatan Waram Wara Selatan, dan Wara Timur agar melaksanakan pekerjaan yang mulia ini sebagai duta kader stunting, yang mana akan melaksanakan penyuluhan kepada para ibu sasaran stunting di Posyandu, juga secara door to door,” sebut isteri Wali Kota Palopo ini kemarin.

Penyuluhan yang diberikan, sebutnya agar para anak terhindar dari stunting dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, peningkatan gizi keluarga, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sementara itu, Sekretaris PKK Kota Palopo, Hj Suriani Andi Kaso mengatakan, sosialisasi cegah stunting ini menindaklanjuti hasil rapat kerja TP-PKK Provinsi Sulsel tentang peranan TP-PKK Kota Palopo dalam pencegahan stunting melalui 10 program pokok PKK.

”Yang ditindaklanjuti oleh TP PKK dengan merealisasikan dan mengimplementasikan sosialisasi cegah stunting di sembilan kecamatan dan 48 kelurahan sebagai program kerja skala prioritas TP-PKK di tahun 2020 dan di tengah pandemi covid-19,” jelasnya.

Mantan Camat Wara Selatan ini mengatakan, jumlah duta kader stunting PKK kelurahan yang dikukuhkan sebanyak 192 kader yang tersebar di 48 kelurahan se Kota Palopo.

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua TP-PKK juga menyerahkan banner sosialisasi cegah stunting, pemberian susu batita, pemberian vitamin, pemberian buku catatan kegiatan kader stunting
dan juga memberikan door price kepada kader stunting PKK yang menjawab pertanyaan seputar stunting dengan benar.

Turut hadir Wakil Ketua TP-PKK Kota Palopo, Hj Nulinda Sabani, Ketua DWP, Iznada Firmanza, Sekretaris TP-PKK, Hj Suriani Andi Kaso, Tripika kecamatan, Kepala Puskesmas, penyuluh agama, penyuluh pertanian, dan pengurus TP-PKK Kecamatan, Kelurahan, serta para duta kader stunting se Kota Palopo.(rhm)