Hanya 74 Koperasi yang Masih Bertahan

42
Kadis Koperasi dan UKM Kota Palopo, Dra Munasira

*Dinas Koperasi dan UKM Lakukan Pembinaan

TOMPOTIKKA –– Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo terus berupaya agar koperasi bisa berjalan dengan baik. Salah satu caranya dengan melakukan revitalisasi koperasi.

Dari 292 koperasi yang ada di Kota Palopo, hanya 74 koperasi yang masih bertahan tetap aktif.

Kadis Koperasi dan UKM Kota Palopo, Dra Munasira melalui Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan, Assar Bawanan kepada Palopo Pos, Minggu 18 Oktober 2020 mengatakan, dengan melakukan revitalisasi, koperasi yang dianggap kurang sehat dan masih mampu untuk dibangkit akan dibina lagi.

”Kami melakukan kunjungan langsung ke koperasi untuk cari tahu masalahnya, kemudian diberikan masukan. Selain itu, mengadakan kegiatan dengan mengikutsertakan pengurus atau badan pengawas atau anggota sebagai peserta pelatihan.

Hanya sekarang adanya covid-19, pusat dan provinsi hanya memberikan pembinaan melalui zoom meeting,” sebutnya.

“Perbedaan koperasi aktif dan tidak aktif, yaitu koperasi aktif kegiatan dan kepengurusannya tetap berjalan. Sementara yang tidak aktif, terkesan vakum dari usaha perkoperasian,” jelasnya.

Dinas Koperasi dan UKM Palopo selaku instansi teknis, bertugas melakukan evaluasi serta pembinaan terhadap koperasi dan UKM.
Sekarang ini, tim pendataan tengah turun menginventarisir alamat-alamat seluruh koperasi berikut pengurusnya yang terdaftar. Pendataan dilakukan, juga untuk memudahkan jika nantinya ada bantuan yang turun dari pemerintah pusat.(rhm)