Dhevy Bijak Sosialisasikan Peluang Kerja PMI

23
Anggota DPR RI, Dhevy Bijak dalam acara sosialisi trrkait penempatan dan pelindungan PMI dengan menggandeng pihak BP2MI.

SALEKOE — Salah satu kepedulian anggota DPR RI, asal dapil Sulsel III, Muhammad Dhevy Bijak bagi masyarakat yang ingin mengenyam pekerjaan ke luar negeri. Dirinya memberikan ruang kepada masyarakat terhadap untuk menjadi pekerja di luar negeri mengenai peluang kerja dan migran aman dalam era baru.

Berkaitan hal tersebut, anggota DPR RI asal fraksi Demokrat yang duduk di komisi IX ini menyampaikan hal ini dalam sosialisasi terkait penempatan dan pelindungan pekerja migran (PMI) dengan menggandeng pihak Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kota Makassar.

Pada kesempatan tersebut, Dhevy mengharapkan keberadaan masyarakat Kota Palopo untuk bisa mencari pengalaman kerja di luar negeri. Bahkan, ia memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan siap memfasilitasinya.

Adapun output dari sosialisasi dilakukan ini adalah untuk mendorong masyarakat bekerja ke luar negeri dengan menempati perusahaan-perusahaan yang ada. “Dengan Keberadaan BP2MI bisa membantu masyarakat untuk memudahkan segala bentuk urusan yang berkaitan syarat yang dibutuhkan kepda calon pekerja migran,” kata Devy saat sosialisasi di Hotel Value, Rabu 14 Oktober 2020.

Disinggung pula terkait pekerja migran yang ilegal yang belakangan ini terbilang tidak sedikit di Indonesia. Untuk itu sebagai upaya mengantisipasi hal ini agar tidak terulang dan berharap tenaga kerja yang akan keluar negeri memahami regulasi dan dapat perlindungan lebih.

Kepala UPTD BP2MI, Kota Makassar selaku salah satu pembicara pada acara itu, Agus Bustomi mengatakan DPR RI telah mengesahkan UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, salah satunya adalah memberikan perlindungan ekonomi bagi pekerja migran Indonesia.

Pada acara sosialisasi ini juga dihadiri dua legislator fraksi Demokrat DPRD Palopo, Irvan ST dan Cendrana Salutra, termasuk masyarakat umum lainnya.(rul/rhm)