Basmin Bantu Rp297,5 Juta

26
Bupati Luwu, Drs H Basmin Mattayang melakukan peletakan batu pertama pembangunan unit rumah baru bagi korban banjir bandang di Desa Pompengan Utara, Selasa (20/10/2020). Tahun ini Pemkab Luwu melalui Dinas Perkim Luwu membangun 7 unit rumah baru untuk korban banjir bandang.

*Bangun 7 Unit Rumah untuk Korban Banjir Bandang

LAMASI TIMUR — Bupati Luwu, Drs H Basmin Mattayang M.Pd, Selasa (20/10) kemarin, melakukan peletakan batu pertama pembangunan unit rumah baru untuk korban banjir bandang se-Kabupaten Luwu, yang dipusatkan di Desa Pompengan Utara, Kecamatan Lamasi Timur.

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Luwu sangat disambut hangat para warga calon penerima bantuan unit rumah baru. Dalam sambutannya Basmin Mattaayang mengatakan pemerintah Kabupaten Luwu senantiasa hadir di tengah masyarakat Luwu yang terdampak bencana alam banjir.

Salah satunya dengan memberikan bantuan unit rumah baru bagi warga Luwu yang rumahnya hanyut terbawa banjir bandang awal tahun lalu.
“Bantuan pembuatan unit rumah baru ini harus disyukuri, karena inilah bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat.

Kita tidak akan membiarkan warga yang tertimpa bencana sendiri menghadapi musibah banjir bandang beberapa waktu lalu. Tetapi saya juga mengharapkan masyarakat kiranya selalu waspada dan yang tidak kalah pentingnya jaga lingkungan dan alam kita, sehingga tidak menjadi malapetaka buat kita,” ungkap Basmin.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Luwu, H Sofyan Thamrin, ST, MM dalam laporannya dihadapan masyarakat Pompengan Utara dan Pompengan Tengah, mengatakan, saat banjir bandang terjadi awal tahun 2020 dan menghanyutkan 7 unit rumah warga langsung disikapi Bupati Luwu dengan menyatakan kondisi darurat.

“Tidak hanya itu, Bupati Luwu langsung memerintahkan kami saat itu untuk membangunkan kembali rumah-rumah warga yang terseret arus banjir bandang. Alhamdulillah, hari ini beliau datang untuk melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan unit rumah baru untuk warga yang rumahnya hanyut terbawa arus banjir, ” kata Sofyan Thamrin.

Sofyan Thamrin menambahkan, Pemkab Luwu mengalokasikan anggaran Rp42,5 juta untuk setiap pembangunan 1 unit rumah baru tersebut, dengan total Rp 297,5 juta untuk 7 unit rumah yang dibangun masing-masing di desa Pompengan Utara, Pompengan Tengah, Kecamatan Lamasi Timur, Desa Salusana, Kecamatan Larompong Selatan dan Desa Cimpu, Kecamatan Suli.

“Rumah yang dibangun ini memang sederhana namun layak huni. Tetapi inilah bntuk kepedulian Bupati Luwu selaku pemerintah daerah. Untuk itu kami sangat mengharapkan pula kepedulian dan bantuan pemerintah desa serta swadaya masyarakat,” kata Sofyan Thamrin.

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Luwu di Desa Pompengan Utara didampingi Kapolres Luwu, AKP Fajar Dani Susanto, Kadis Perkim Luwu dan beberapa pejabat eselon II lingkup Pemkab Luwu ini disambut baik Anggota DPRD Luwu Herman Paral SH, Zet Ida Parante bersama pemerintah dan masyarakat Desa Pompengan Utara.

“Kehadiran Bupati Luwu bersama rombongan di desa kami sungguh membawa berkah untuk masyarakat kami khususnya yang rumahnya hanyut dibawa banjir bandang. Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini tentunya,” kata Nuryadi, Kepala Desa, Pompengan Utara. (and/him)