APK Harus Dipasang di Tempat yang Sudah Ditentukan

47

MASAMBA – Komisi Pemilihan Umum (kPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melakukan monitoring dan supervisi tempat pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) calon Bupati dan Wakil Bupati pada penyelenggaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara tahun 2020.

Anggota KPU Luwu Utara divisii Parmas dan SDM Rahmat mengatakan bahwa hari ini kami lima orang Komisioner didampingi staf membagi diri untuk melakukan pemantauan langsung kedesa/kelurahan untuk memastikan semua tempat sudah sesuai.

APK Harus Dipasang di Tempat yang Sudah DitentukanLanjut Rahmat menjelaskan bahwa selain memastikan semua APK terpasang ditempat yang sudah ditetapkan, monitoring ini juga memberikan solusi jika terdapat kendala di lapangan salah satunya karena menyesuaikan dengan ketersediaan tempat di lokasi, sehingga tidak merugikan salah satu pasangan calon.

“Jadi Kegiatan ini bertujuan guna memastikan APK sudah terpasang di desa/kelurahan ditempat atau titik yang difasilitasi sesuai dengan SK Kabupaten Luwu Utara ” kata Rahmat di Kantor KPU Selasa, 20/10/2020.

Dalam Ketentuan Pemasangan APK sambungan Rahmat, tidak boleh melintang jalan, tidak boleh dipasang pada fasilitas umum seperti sekolahan, tempat ibadah maupun perkantoran dan termasuk depan pasar atau halaman dengan memperhatikan Etika, Estetika, Kebersihan dan keindahan kota atau kawasan setempat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Rahmat juga menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Kampanye Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota, Paslon juga dapat menambah APK dua ratus persen dari yang difasilitasi yakni Baliho (5) lima Perpaslon, Umbul-umbul 75 Perpaslon dan Spanduk 346 Perpaslon.

Untuk itu Rahmat menghimbau kepada semua tim kampanye Paslon agar memasang APK yang difasilitasi dititik yang sudah ditetapkan dengan melakukan koordinasi dengan PPK dan PPS.(mah)