AKAS: Semua Kebutuhan Pettanian Harus Dipenuhi

31

MASAMBA— Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati H Arsyad Kasmar- Andi Sukma berhanji akan memenuhi keburuhan Petani Luwu Utara, Utamanya ketersediaan pupuk wajib selalu ada disaat Petani butuhhkan. Hal tersebut dikemukakan H Arsyad Kasmar saat soaialisasi di Masamba..

” hal paling utama dalam mengolah lahan mereka adalah adalah sejumlah kebutuhan dasar. Termasuk adalah tersedianya pupuk dan adanya sumber air. Ini kebutuhan dasar yang harus dipenuhi terlebih dahulu,” Ujarnya.

AKAS: Semua Kebutuhan Pettanian Harus DipenuhiUntuk pupuk, misalnya, pemerintah harus bisa memastikan bahwa saat butuh pupuk, petani bisa mendapatkannya di pengecer. Ini masih harus dengan syarat yaitu harga pupuk terjangkau sesuai dengan HET yang dipatok pemerintah.

Untuk itu, pengawasan terhadap distribusi pupuk harus terus diutamakan. Dengan demikian petani tidak kesulitan mendapatkan pupuk saat mereka butuh untuk memupuk tanaman padi mereka.

“Petani juga harus terpenuhi kebutuhan airnya. Termasuk adalah dengan memastikan tersedianya air di sekitar persawahan agar mudah dialirkan ke tanaman padi mereka.,” Tuturnya.

AKAS: Semua Kebutuhan Pettanian Harus DipenuhiJuga, menjamin stabilitas harga sesuai harga pasar dan bantuan alsintan menjadi pokok pagi petani agar lebih sejahtera.

Maka sarana dan prasarana bagi petani merupakan hal mendasar yang menjadi prioritas AKAS jika terpilih nantinya. (ris)