Taman Belopa, Icon Baru Luwu

4228

BELOPA — Kota Belopa terus menggeliat dengan melengkapi sejumlah sarana dan prasarana, salah satu yang menjadi icon saat ini adalah Taman Belopa.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu memanaatkan tman kota, yang berada di sekitar Lapangan Andi Djemma sebagai wahana interaksi sosial, ruang terbuka diharapkan dapat mempertautkan seluruh anggota masyarakat tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya. Aktivitas di ruang publik dapat bercerita secara gamblang seberapa pesat dinamika kehidupan sosial suatu masyarakat.

Ruang terbuka menciptakan karakter masyarakat kota dimana Luwu terus menggeliat dengan aktivitasnya, Ruang terbuka adalah ruang yang bisa diakses oleh masyarakat baik secara langsung dalam kurun waktu terbatas maupun secara tidak langsung dalam kurun waktu tidak tertentu. Ruang terbuka itu sendiri bisa berbentuk jalan, trotoar, ruang terbuka hijau seperti taman kota, hutan dan sebagainya.

“Kalau saya dan teman-teman memang selalu menjadikan tempat ini sebagi tempat tongkrongan, kadang kalau mau berdiskusi atau rapat kita juga gunakan tempat ini,” tutur Asriadi salah seorang siswa SMKN 1 Belopo saat ditemui kemarin,
Dilihat dari sifatnya ruang terbuka yang merupakan ruang-ruang dalam kota atau wilayah yang lebih luas baik dalam bentuk area/kawasan maupun dalam bentuk area memanjang/jalur dimana dalam penggunaannya lebih bersifat terbuka yang pada dasarnya tanpa bangunan. Ruang terbuka terdiri atas ruang terbuka hijau dan ruang terbuka non hijau.

Sementara itu di Ruang Terbuka yang telah dibangun tersebut nampak asri dengan berbagai pepohonan, ataupun fasilitas yang disiapkan seperti ayunan dan kursi, selain itu juga dilengkapi dengan area Joging bagi masyarakat yang senang melakukan olahraga.

“Saya harap agar apa yang ada saat ini bisa dijaga, dan dimaksimalkan pemanfaatannya, sebab keberadaan ruang terbuka seperti ini akan sangat menyegarkan aktivitas kita, bunga-bunga yang telah tumbuh harus dirawat,” tutur Bupati Luwu, Andi Mudzakkar beberapa saat lalu.(fan/rhm)